2011/05/05

Peringati Hardiknas, Walikota Lounching Pendidikan Gratis

Daerah-daerah di Indonesia, termasuk di Kota Blitar, Senin pagi (2/5) menyelenggarakan upacara peringatan hari pendidikan nasional. Dalam upacara yang berlangsung di halaman Kantor Walikota Blitar ini sekaligus memperingati hari Otonomi Daerah ke- XV,pemerintah Kota Blitar menggunakan moment peringatan hari pendidikan nasional ini untuk melounching rintisan pendidikan gratis 12 tahun dan memberikan penghargaan bagi kepala sekolah dan guru berprestasi tingkat Kota Blitar.

Muhammad Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, program-program ini dilakukan sesuai program yang didalamnya peduli terhadap pendidikan. Agar masyarakat di Kota Blitar tidak bodoh dengan giat belajar dan bisa lulus tingkat SLTA. Sehingga menggratiskan biaya pendidikan hingga SLTA. Dengan penggratisan biaya pendidikan juga mendorong pemberantasan kemiskinan melalui pemberantasan kebodohan. Saat menyinggung tentang pelaksanaan otonomi daerah, di Kota Blitar berjalan dengan baik dan pihaknya yakin bisa terus dijalaninya asal tidak ada perubahan peraturan dari pemerintah pusat.

Sementara itu Drs. Santoso, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, dalam program rintisan pendidikan gratis 12 tahun, tahun ini dianggarkan dana sekitar Rp. 9,4 miliar. Untuk semua lembaga mulai SD, MI hingga SLTA baik negeri maupun swasta. Setelah dilouncing dan diterima secara simbolis oleh kepala SMPN 1, SMAN 1 dan SMKN 3, lembaga-lembaga sekolah yang lain bisa langsung mengurus melalui Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar. Anggaran ini digunakan untuk memenuhi biaya kebutuhan siswa. Sementara itu untuk kepala sekolah dan guru berprestasi yang mendapatkan penghargaan, dipersiapkan menuju event yang sama tingkat Propinsi Jawa Timur, khususnya bagi peraih juara I.(der)

(sumber : http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda