2011/05/24

Puluhan Hektar Tanaman Padi Gagal Panen

Gambar: Ilustrasi Padi yang terkena hama wereng
Akibat serangan hama wereng batang coklat, dalam 2 hingga 3 hari terakhir sekitar 1 ha tanaman padi di Kelurahan Tanjungsari dan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, gagal panen. Senin siang (16/5) Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar bersama puluhan petani wilayah inipun melakukan pemusnahan tanaman padi dengan cara dibakar, hingga penyemprotan pestisida.
Drs. Teteng Rukmocondrono, Kepala Dinas Pertanian daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi di kantornya Rabu (18/5) mengatakan, khusus untuk Kelurahan Tanjungsari dan Kelurahan Pakunden ini, total kerugian yang disebabkan hama wereng ini mencapai sekitar Rp. 10 juta.
Sehingga agar serangan hama wereng tidak semakin meluas, petani bersama Dinperta Kota Blitar melakukan pemusnahan tanaman pagi yang terkena hama, sementara padi disekitarnya yang belum terserang langsung disemprot dengan pertisida sebagai antisipasi.
Sementara itu menurut Suryanto, ketua gabungan kelompok tani (Gapoktan) Kelurahan Pakunden, khusus diwilayah Pakunden, serangan hama wereng sudah terjadi sejak enam hari lalu, namun kendati sudah diantisipasi, tetapi hama terus menyerang tanaman padi milik warga, apalagi curah hujan yang tinggi membuat populasi hama wereng semakin bertambah. Untuk itu pihaknya bersama Diperta Kota Blitar Senin siang (16/5) melakukan penyemprotan pestisida masal.
Menurut data yang ada Dinas Pertanian daerah Kota Blitar, dari seribu hektar lebih tanaman padi di Kota Blitar, sekitar 20 hingga 25 ha tanaman padi diantaranya berpotensi gagal panen, karena terdapat populasi berlebih hama wereng, yang menyerang  berbagai varietas padi, mulai sembada, mentik hingga ketan.(yuk)

sumber:(http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda