2011/06/27

Evaluasi Posyandu Lansia, Deteksi 10 Penyakit Lansia

Sekitar 10 jenis penyakit mulai jantung hingga darah tinggi dialami para lansia di wilayah Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Hal itu diketahui dari evaluasi posyandu lansia pada acara  refreshing Kader Posyandu Lansia di ruang pertemuan UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Rabu, 22 Juni 2011.
 Refreshing kader lansia ini merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Untuk pertemuan yang dilakukan Rabu 22 Juni kemarin, diikuti sekitar 19 kader dari perwakilan posyandu di tujuh kelurahan, kader lansia dari kecamatan/ serta perawat wilayah di layanan kesehatan kecamatan Kepanjenkidul. Dengan menghadirkan narasumber dr Dharma Setiawan dan Sri Sulasifin dari Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Adapun tujuan dari diadakannya program ini oleh pemerintah adalah sebagai sarana dalam meningkatkan peran serta kader lansia dalam pemberdayaan terhadap masyarakat, meningkatkan komitmen fungsi posyandu, meningkatkan keterampilan dari kader, meningkatkan wawasan kesehatan dari para usila (usia lansia), serta untuk mengevaluasi kegiatan di Posyandu lansia selama 2010.

dr Dissie L.Arlini, Kepala UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar ketika ditemui di ruang kerjanya Kamis pagi mengatakan, dari evaluasi yang dilakukan UPTD khususnya pada posyandu maupun puskesmas diketahui minimal sepuluh penyakit terbanyak yang dialami oleh para lansia karena adanya proses degeneratif yakni kemunduran fungsi organ tubuh.  Diantaranya, penyakit jantung, diabetes, asam urat, darah tinggi, dan kolesterol.
Selain itu setelah evaluasi ini diharapkan para kader posyandu memiliki inovasi baru dalam rangka pengembangan pos pelayanan terpadu agar diminati para lansia. Misalnya dengan melakukan kerjasama dengan leading sektor tertentu, antara lain dengan mengadakan senam, arisan atau penyuluhan dan pengetahuan tentang Toga (Tanaman Obat Keluarga) yang bisa dimanfaatkan oleh lansia untuk pengobatan, setelah mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh petugas.
Sementara itu, di tempat terpisah Ramelan, S.Pd, Ketua Karangwreda Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar mengaku sangat mendukung hasil evaluasi yang dilakukan kepada para kader lansia ini. Akan tetapi, Ramelan yang aktif mengikuti posyandu lansia di kelurahan Sentul ini berharap, petugas kesehatan saat melakukan pemeriksaan kesehatan di posyandu lansia minimal dapat membagikan vitamin gratis bagi para lansia guna mendukung ketahanan fisik sesuai dengan kebutuhan mereka.
Ramelan menambahkan, pihaknya mendukung positif upaya yang dilakukan pihak UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar dengan melakukan refreshing kader ini. Dengan harapan agar  kinerja para kader yang sudah baik ini ke depannya lebih ditingkatkan. Selain itu menurut pengamatannya selama ini, pelayanan yang diterima saat mengikuti posyandu lansia semakin optimal dan terbukti hingga saat ini dia dalam kondisi sehat serta tidak mempunyai keluhan penyakit apapun. (ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda