2011/06/20

Penyuluhan Penyakit Kronis Degeneratif Bagi Lansia

Untuk memberikan pemahaman dan wawasan bagi masyarakat usia 40th keatas hingga lansia dalam menjaga kesehatannya hingga melebihi angka harapan hidup minimal 72 tahun, UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar menggelar penyuluhan penyakit kronis degeneratif yang melibatkan sekitar 50 peserta masing-masing 7 hingga 8 masyarakat dimasing-masing kelurahan se-Kecamatan Kepanjenkidul, yang mempunyai faktor resiko atau penyakit kronis, seperti, hipertensi, diabetes, stroke, jantung, kolesterol, kelebihan asam urat dan penyakit kronis lainnya.

dr. Dissie L Arlini, Kepala UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar ketika ditemui dikantornya Kamis (16/6) mengatakan, dalam penyuluhan ini para peserta mendapatkan materi mengenai penyakit degeneratif mulai dari hipertensi, diabetes, stroke, jantung, kolesterol, osteoporosis dan penyakit kronis lainnya, oleh tim dokter di Puskesmas ini. Materi tambahannya dari keperawatan yakni mengenai asuhan perawatan terhadap penyakit-penyakit kronis yang dimaksud, serta wawasan mengenai tata cara mencegah dan mengonsumsi makanan atau asupan gizi yang harus diperhatikan oleh penderita penyakit denegratif ini.
Lebih lanjut Dissie menambahkan, setelah mengikuti penyuluhan para peserta juga mendapatkan fasilitas pemeriksaan gratis yang disediakan oleh Puskesmas ini melalui pos APBD yang ada di Puskesmas ini. Diketahui hasil pemeriksaan yang dilakukan Dokter kepada peserta yang mengikuti pemeriksaan gula darah dan tensi. Usai kegiatan masyarakat memberikan apresiasi positif dan menyambut antusias penyelenggaraan penyuluhan dan pemeriksaan ini yang sudah berjalan hingga dua tahun ini. Dengan harapan, kegiatan seperti ini rutin diadakan tiap tahunnya.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda