2011/06/20

Puluhan Pelajar Siap Ikuti Pekan Seni Pelajar

Beberapa cabang seni akan diikuti para wakil dari Kota Blitar dalam pekan seni pelajar Jawa Timur di Probolinggo, 20 hingga 24 Juni 2011. Satu diantaranya cabang seni tembang. Dari cabang seni yang membutuhkan vocal dan pengrawit yang bagus, Dinas Pendidikan Daerah kota Blitar menyiapkan sekitar 64 anak mulai tingkatan sekolah dasar hingga SMA. Dibawah koordinator Erwin dan aransmen Bambang Sumitro.
Saat dikonfirmasi di kantor Dinas Pendidikan Kota Blitar Kamis (16/6), Bambang Sumitro mengatakan, pasca seleksi tingkat kota dilakukan persiapan menjelang pelaksanaan festifal. Latihan berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar mulai 25 Mei 2011 lalu hingga jelang keberangakatannya ke Probolinggo.
Hingga saat ini latihan sudah berjalan sekitar 80 %. Mulai latihan untuk penentuan nada tetembangan hingga perpaduan antara vocal dan gamelannya. Untuk kelompok SD akan membawakan garapan yang bejudul gumregah, yang isinya menggambarkan kebangkitan seni.
Lebih lanjut Bambang menambahkan, bahwa kesenian Jawa dimata remaja saat ini sudah tidak ada perhatian lagi dan dianggap itu kurang gaul. Sehingga menurutnya perlu diangkat lagi. Sedangkan untuk kelompok SMP memang harus membawakan langgam yang sudah ada dan saat ini mengambil judul mujiwat. Sementara untuk kelompok SMA mengambil drama tembang yang memang ketentuannya harus drama tembang dengan judul bantene kamukten. Isinya cerita wayang purwo Sumantri Ngenger.
‘’Para seniman binaannya ini untuk bisa mampu meraih prestasi dengan masuk penyaji terbaik seperti event yang sama pada tahun sebelumnya,’’ harap pria yang juga seniman Kota Blitar.
 Dari sekitar 64 seniman pelajar Kota Blitar yang akan mengikuti cabang seni tembang pada pekan seni pelajar 2011, sekitar 37 anak untuk kelompok SD/MI, 12 anak SMP/MTs dan 15 anak kelompok SMA sederajat.(der)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda