2011/06/13

Seminar Napak Tilas Perjalanan Sang Proklamator

Gambar : Walikota saat membuka seminar napak tilas Bung Karno.

Bulan Juni identik dengan bulan Bung Karno. Beberapa agenda kegiatan telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Blitar yang ada hubungannya dengan Proklamator Kemerdekaan RI yang dimakamkan di Kota Blitar ini. Satu diantaranya dengan seminar napak tilas Bung Karno yang berlangsung di Balai Kota Kusumo Wicitro Kota Blitar, Kamis (9/6). Kegiatan ini untuk memberikan kejelasan tempat-tempat yang pernah disinggahi Bung Karno di kota Blitar ini dibuka langsung oleh Muhammad Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar.

Saat dikonfirmasi seusai membuka seminar di Balai Kota Kusumo Wicitro Kamis (9/6), Walikota Blitar mengatakan, kegitan seminar napak tilas Bung Karno ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada generasi muda, agar mengetahui dan memahami tentang perjalanan Bung Karno selama di Kota Blitar. Apalagi dimungkinkan saat ini sebagian orang ada yang masih alergi untuk berbicara tentang Bung Karno. Sehingga perlu adanya pemahaman kepada generasi penerus tentang Ir. Sukarno sebagai presiden pertama RI yang sekaligus proklamator kemerdekaan dan pencetus Pancasila.

Sementara itu Ariyanto, ketua panitia seminar saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan seminar mengatakan, seminar ini dilaksanakan juga untuk mengajak masyarakat mengenang Bung Karno. Apalagi saat ini bulan Juni yang disebut dengan bulan Bung Karno. Sebagai warga juga perlu mengetahui tentang lokasi-lokasi yang pernah disinggahi Bung Karno saat di Kota Blitar dulu.

Kegiatan seminar napak tilas Bung Karno kali ini diikuti sekitar 200 peserta, yang terdiri dari Dinas instansi pemerintah Kota Blitar hingga Camat dan lurah, kepala sekolah dan guru sejarah serta ketua pengurus OSIS SMP dan SMA/SMK yang di Kota Blitar, serta pecinta dan pemerhati sejarah. Adapun sebagai narasumber, diantaranya Endah dan Mardiono dari Blitar Haritage Sociaty (BHS) serta Ibnu, pelaku sejarah yang dulu pernah menjadi pengawal Bung Karno dan beberapa saksi hidup yang dekat dengan istana gebang.(der)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda