2011/07/01

Cabang Seni Tari Juga Sabet Tropy

Seperti pada cabang seni tetembangan, dari cabang seni tari para wakil Kota Blitar juga mampu menorehkan prestasi yang cukup bagus dalam pekan seni pelajar Jawa Timur di Probolinggo, 20 hingga 24 Juni 2011 kemarin. Dari cabang seni tari yang diikoordinatori oleh Suko Wiyono, para wakil dari Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar ini juga berhasil meraih tiga tropy. Yang terdiri dari satu tropy penyaji terbaik untuk tingkatan sekolah dasar, satu tropy diraih setelah masuk lima penyaji terbaik dan satu tropy lagi diraih karena masuk lima penata tari terbaik untuk kelompok SLTA.
Keberhasilan para wakil Kota Blitar dari cabang seni tari ini sudah sesuai dengan harapan dan prediksi para seniman pendamping dari Kota Blitar.
Pernyataan ini seperti yang disampaikan oleh Bambang Sumitro. Sebagai seniman penata iringan tari Kota Blitar yang mendampingi para seniman pelajar pada event tingkat Propinsi Jawa Timur ini sebelum berangkat juga berharap, diantara wakil Kota Blitar ini mampu meraih penyaji terbaik seperti pada event yang sama sebelumnya. Harapan ini ditunjukkan atas keberhasilan masuknya penyaji terbaik dari kelompok SD dan SLTA. Meski dikelompok SMP harus mengakui, jika para wakil Kota Blitar tidak sebagus wakil daerah lain, sehingga gagal meraih prestasi.
Keberhasilan ini juga tidak lepas dari persiapan yang dilakukan sekitar tiga minggu menjelang keberangkatannya ke Probolinggo. Untuk kelompok SD masuk lima penyaji terbaik dari garapan yang disajikan yang berjudul tari merak sobo, judul ini menggambarkan tentang kehidupan burung merak. Sedangkan untuk kelompok SMA yang dinyatakan masuk penyaji dan piƱata tari terbaik, atas seni tari yang dibawakan berjudul mukti phalapa. Tari lepas yang menggambarkan penokohan perjuangan patih Gajah Mada. Ada sekitar 58 seniman pelajar Kota Blitar yang telah mengikuti cabang seni tari pada pekan seni pelajar 2011. Sekitar 20 anak untuk kelompok SD/MI terdiri 9 penari dan 11 pengrawit dan 19 anak SMP/Mts terdiri 7 penari dan 12 pengrawit dan 19 anak kelompok SMA sederajat terdiri 8 penari serta 11 pengrawit.

sumber : (http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda