2011/07/13

Dana Bergulir UKM Macet Lebih 1 M

Untuk membantu kebangkitan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Blitar, pemerintah telah menggulirkan dana hingga lebih dari Rp 1 milyar, melalui sejumlah koperasi dan UKM di Kota Blitar. Namun dalam perkembangannya sekitar Rp. 1,8 milyar dana bergulir itu macet hingga tahun 2011 ini.
Pernyataan itu seperti diungkapkan Drs. Imam Sodiki, ketua komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kota Blitar. Dalam rapat kerja bersama Dinas Koperasi dan UKM beberapa waktu lalu, diketahui pengguliran dana lebih dari Rp. 1 milyar bagi mereka macet untuk periode
tahun 2002 hingga 2007. Pengguliran dana yang macet total, antara lain terjadi pada 8 koperasi dan 22 UKM di Kota Blitar. Bahkan 4 koperasi diantaranya diketahui saat ini sudah tutup.
“Untuk itu agar dana bergulir tetap bisa berputar dan dinikmati oleh koperasi dan UKM lainnya, Dinas Koperasi dan UKM  Kota Blitar terus melakukan upaya penagihan serta  membentuk tim khusus untuk melakukan penagihan tunggakan dana bergulir ini,” harap Sodiki.
Menanggapi hal ini, Hasnil Purwanto, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Blitar saat dikonfirmasi mengenahi hal ini mengaku, upaya penagihan terus dilakukan, namun pihaknya lebih mengedepankan pendekatan persuasive dalam upaya penagihan ini, tidak melalui depkolektor, namun melalui surat tagihan yang terbukti efektif.


sumber : http://blitarkota.go.id

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda