2011/07/29

Legislatif, Pembinaan Pengusaha Kecil Perlu Dievaluasi


Gambar : TKP2MO) Kota Blitar saat operasi mamin di pasar Legi.

Dalam pelaksanaan operasi makananan dan minuman (mamin) yang dilakukan oleh tim koordinasi pembinaan dan pengawasan makanan obat (TKP2MO) Kota Blitar di pasar Legi Selasa (26/7) kemarin telah ditemukan produk makanan yang diamankan. Sedikitnya 50 sample makanan diamankan karena kadaluarsa, tidak berlebel dan tidak berijin. Kondisi ini menyita perhatian dari komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kota Blitar.

Suwoko, ST, anggota komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kota Blitar saat dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu (27/7) mengatakan, pemerintah perlu segera mengevaluasi program pembinaan kepada produsen makanan, karena masih ditemukannya produk tanpa ijin beredar. Sehingga pasca temuan dari TKP2MO ini dinas terkait perlu meningkatkan pembinaan, serta mengevaluasi program yang sudah berjalan selama ini. Sebab meski program pembinaan kepada produsen sudah dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, perlu dievaluasi apakah program tersebut sudah maksimal dari sisi kualitas maupun kuantitas sasarannya.
Lebih lanjut politisi dari partai golkar ini menambahkan, jika selama ini dana minim, sehingga sasaran program terbatas, maka pada APBD perubahan mendatang perlu dipertimbangkan pengajuan dananya lagi. Di sisi lain pihaknya tidak menampik jika tidak sedikit produsen atau pengusaha home industri enggan mengurus perijinan, sehingga banyak produsen tidak terdeteksi, sehingga sulit melakukan pembinaan, karena mereka tidak terdata.
“Dalam pembinaan kepada produsen makanan, menurutnya bukan hanya menyentuh pada pengemasan serta prosedur pengurusan ijinnya, namun juga pada campuran bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk makanan, agar tidak mengandung bahan berbahaya, seperti pewarna pakaian, melamin maupun formalin,” imbuh anggota komisi II DPRD Kota Blitar ini.


sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda