2011/07/13

Remaja yang Ngantukan Jadi Lebih Banyak Makan Karbohidrat

img

Remaja yang kurang tidur dan selalu mengantuk di siang hari lebih mungkin menjadi gemuk. Sebuah studi membuktikan remaja yang ngantuk di siang hari lebih bernafsu pada makan-makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa memicu kegemukan.

Studi yang dilakukan pada pelajar SMA oleh peneliti dari Robert Wood Johnson Medical School di New Jersey menunjukkan adanya hubungan antara ngidam karbohidrat dan mengantuk di siang hari.


Selain itu, kemungkinan mengalami keinginan kuat untuk makan lebih banyak karbohidrat ditemukan pada 50 persen lebih siswa yang melaporkan mengalami kantuk parah di siang hari.

Selanjutnya, tingkat depresi juga ditemukan lebih tinggi pada siswa yang sangat mendambakan untuk karbohidrat dibandingkan dengan siswa yang memiliki sedikit atau tidak ada keinginan untuk hal yang sama.

Mengidam karbohidrat ditemukan telah meningkat setidaknya tiga kali lipat pada siswa yang menderita depresi berat.

"Tidur memiliki fungsi penting untuk melakukan tugas regulasi metabolisme dan nafsu makan. Tidur yang tidak memadai dapat membuat metabolisme buruk dan mungkin memiliki dampak pada pilihan makanan dan berat badan," jelas Dr. Mahmood Siddique, pemimpin studi dan direktur Sleep and Wellness Medical Associates and Clinical Associate Professor of Medicine di Robert Wood Johnson Medical School, New Jersey, seperti dilansir Lifemojo, Rabu (12/7/2011).

Menurutnya, studi ini penting mengingat meningkatnya epidemi obesitas di kalangan remaja serta meningkatkan sindrom metabolik dan diabetes di antara populasi dewasa muda

Dia juga mengatakan bahwa penelitian ini dimaksudkan untuk menarik fakta bahwa kurang tidur pada orang dewasa muda mungkin menjadi sebagai faktor risiko obesitas.

Menurut American Academy of Sleep Medicine, remaja membutuhkan 9 jam tidur setiap malam agar tetap waspada keesokan harinya.


sumber : http://www.detikhealth.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda