2011/08/15

Dewan Evaluasi Pembangunan Jalan

Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh komisi III DPRD Kota Blitar telah diketahui ada sejumlah titik jalan yang rusak, padahal belum lama dibangun. Sehingga untuk klarifikasi mengenai hal ini komisi bidang pembangunan ini akan meminta keterangan kepada Dinas PU hari ini, Jum’at (12/8).
Sutanto, ketua komisi III DPRD saat dikonfirmasi di gedung dewan Kamis siang (11/8) mengatakan, di sela-sela pembahasan beberapa raperda yang cukup menyita waktu, pihaknya mengagendakan rapat internal antara komisi 3 dan Dinas PU, pada Jumat (12/8),
dengan agenda evaluasi kinerja Dinas PU meliputi hasil pengerjaan proyek fisik diantaranya saluran, jembatan hingga jalan aspal yang sudah di hot mik. Namun diantara beberapa pengerjaan fisik yang akan dievaluasi ini, utamanya menyangkut kurang maksimalnya kualitas pengaspalan jalan di sekitar 12 titik Kota Blitar antara lain jalan di sebelah utara pasar Dimoro hingga daerah Bengawan Solo dan kali Brantas.
“Dari hasil evaluasi komisi 3 telah menemukan banyak ruas jalan yang kini telah rusak, berlubang dan mengelupas. Hal ini bisa akibat beberapa faktor, mulai dari pengawasan yang lemah, hingga material dan cara pengerjaannya yang buruk,” imbuh Sutanto.
Sementara itu saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Kamis (11/8), Rodiyah, Sekretaris Dinas PU Kota Blitar membantah, bila belasan jalan aspal yang kini rusak tersebut akibat buruknya kualitas pengerjaan proyek fisik yang ditangani oleh Dinas PU. Sebaliknya hal itu bisa karena beberapa faktor diantaranya tonase kendaraan yang melalui jalan tersebut melebihi kelas jalan yang ada. Sehingga bila banyak kendaraan berat yang melewati kelas jalan yang tidak sesuai, praktis berpengaruh pada kekuatan jalan dan menyebabkan kerusakan.
“Untuk itu terkait dengan hal ini, Dinas PU sendiri berupaya melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan, sehingga bisa ditentukan kelas-kelas jalan sesuai tonase yang bisa dilalui oleh kendaraan berat atau kendaraan biasa,” tandas Rodiah.


sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda