2011/08/19

Peringati HUT RI Dengan Lomba Tongkir

Ratusan warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar berkeliling wilayah kelurahan setempat dengan membunyikan alat musik tradisional. Mereka mengikuti lomba Tongkir atau ronda keliling yang berlangsung hari Sabtu malam (13/8). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-66 dan mengisi bulan puasa Ramadhan 1432 Hijriah. Lomba yang mengambil start dan finish di Balai Kelurahan Pakunden dengan jarak tempuh sekitar 2,5 km, diberangkatkan oleh Camat Sukorejo.

Fajar Hariono, koordinator lomba saat dikonfirmasi di sela-sela aktifitasnya mengatakan, respon peserta dalam lomba ini cukup bagus. Terbukti sebanyak 29 kelompok yang terbagi 14 kelompok anak-anak dan 15 kelompok dewasa atau umum ikut andil dalam lomba yang berlangsung mulai sekitar pukul 20.30 wib atau setelah sholat tarawih hingga pukul 00.00 wib. Bahkan masyarakat umum juga antusias melihat jalannya lomba yang setiap kelompok beranggotakan 5 hingga 8 peserta. Menurutnya, lomba Tongkir tingkat kelurahan seperti ini masih dilaksanakan tahun ini. Namun sudah dirintis tingkat RW pada dua tahun lalu. Diharapkan nantinya bisa dilaksanakan ditingkat Kota Blitar, namun kepanitiaan tetap dari Kelurahan Pakunden. Karena ingin kesan lomba Tongkir di Kota Blitar dirintis Kelurahan Pakunden.
Lebih lanjut Fajar menambahkan, karena selain memperingati hari kemerdekaan RI dan mengisi bulan puasa Ramadhan, lomba ini juga sebagai sarana hiburan, maka hadiah yang disediakan juga hadiah hiburan selain uang pembinaan untuk juara I hingga III di setiap kelompoknya. Hadiah juara I berupa 3 ekor menthok jantan, juara 2 dua ekor dan juara 3 satu ekor menthok. Para juara juga mendapatkan uang tunai Rp. 100 ribu, tropy dan bonus berupa uang dari lurah Pakunden.


sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda