2011/10/21

Pentingnya Buku KIA

Tim Penggerak PKK Kota Blitar pokja IV menggelar sosialisasi pemantapan dan pemanfaatan buku KIA, diruang panti PKK, Selasa pagi (18/10). Kegiatan itu dihadiri sekitar 31 peserta, yang terdiri dari 21 ketua pokja IV tim penggerak PKK kelurahan, 3 ketua pokja IV tim penggerak PKK tingkat kecamatan dan sisanya pengurus Tim penggerak PKK Kota Blitar.


Ny. Iriani Ngesti Utomo, ketua pokja IV tim penggerak PKK Kota Blitar saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan Selasa (18/10) menjelaskan, buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) memiliki manfaat yang sangat besar bagi perkembangan kesehatan ibu hamil dan anak usia dibawah lima tahun. Melalui buku KIA, seorang ibu dan anak memiliki catatan yang lengkap, sejak ibu hamil hingga anak usia lima tahun. Sehingga melalui buku KIA diharapkan mampu terdeteksi dini jika ada gangguan masalah kesehatan ibu dan anak. Dengan kata lain buku KIA membantu menekan angka kematian ibu dan anak.

Iriani menambahkan, sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para kader - keluarga dan masyarakat akan pentingnya buku KIA. Apalagi saat ini belum seluruhnya kader mengetahui, mengingat ada kader posyandu yang baru. Sehingga menjadi tugas bagi ketua pokja IV ditingkat kelurahan dan kecamatan yang bersinanggungan langsung dengan masyarakat, untuk meneruskan melakukan pemantapan dan pemanfaatan buku KIA.

Sementara itu dalam sambutannya Ny. Yuli Samanhudi Anwar, ketua tim penggerak PKK Kota Blitar mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi untuk berperan dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil dan anak di sekitarnya. Agar kasus kematian ibu dan bayi tidak ada lagi di Kota Blitar.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda