2011/12/05

Tahun 2011, TEMUKAN 42 KASUS HIV/AIDS

Jika di Propinsi Jawa Timur data kasus HIV AIDS masuk lebih tinggi dibandingkan Papua dengan jumlah kasus mencapai 4318 kasus, Kota Blitar menyumbangkan 42 kasus HIV AIDS hingga tahun 2011 ini. Dan 13 orang dengan HIV AIDS (ODHA) diantaranya masih menjalani perawatan, sementara sisanya meninggal dunia.


Wahyu Tri Lukiono, Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Blitar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengakui, setiap tahun di Kota Blitar terus ditemukan kasus HIV AIDS, yang informasinya berasal dari rumah sakit di Kota Blitar. Sehingga dimungkinkan mereka penderita yang belum memeriksakan kesehatannya di rumah sakit, masih belum terdata.

Wahyu menambahkan, jika melihat kasus pertahun sejak tahun 2004 lalu, kasus tertinggi terjadi ditahun 2007 lalu dengan 10 kasus, sementara tahun 2010 data kasus menurun menjadi 4 kasus dan terakhir tahun 2011 hingga bulan Desember ini sebanyak dua kasus. Rata-rata mereka masih usia produktif 21 hingga 40 tahun sebanyak 30 kasus.

“Sementara kasus terakhir ditahun 2011, penderitanya merupakan pekerja seks komersial (PSK), yang saat ini masih menjalani perawatan,’ imbuh Wahyu.

Sedangkan untuk memfasilitasi para ODHA serta mendeteksi kemungkinan kasus HIV AIDS lain dimasyarakat yang belum terdata, Dinas Kesehatan akan membentuk Komisi Penanggulangan AIDS (AIDS), yang diawali dengan terbitnya SK Walikota tentang KPA tahun 2011 ini.

Sumber: http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda