2011/04/12

Aerobik Bisa Hilangkan Insomnia

Bagi anda yang kesulitan tidur dimalam hari atau bisa disebut dalam istilah kesehatan dengan Insomnia, mungkin salah satu penyebabnya adalah kurang gerak. Jadi otot-otot pada tubuh anda tidak mengalami kelelahan, yang mengakibatnya anda susah tidur dimalam hari. Untuk mengatasi hal tersebut, aerobik menjadi salah satu solusi yang mungkin bisa mengatasi Insomnia. Karena dengan melakukan aerobik, otot-otot pada tubuh akan bergerak dan mengalami lelah.

Dilangsir dari Wolipop, menurut sebuah studi, latihan aerobik secara rutin bisa meningkatkan kualitas tidur, vitalitas dan mengatur emosi. Dikutip dari livestrong, ini merupakan studi yang pertama kali dilakukan dalam mempelajari efek latihan aerobik pada usia paruh baya dan usia senja yang didiagnosa mengidap insomnia.

Sebanyak 50 persen responden yang diteliti mengeluhkan insomnia kronis. Mereka pun diminta melakukan aerobik secara rutin, dan hasilnya menunjukkan peningkatan yang dramatis pada kualitas tidur pasien, termasuk durasi tidur mereka.

"Insomnia meningkat seiring bertambahnya usia. Di usia paruh baya, kualitas tidur akan berubah secara signifikan. Mengidentifikasi perilaku untuk meningkatkan kualitas tidur sangat penting. Lewat penelitian ini, kami bisa meyakinkan bahwa latihan aerobik adalah strategi paling mudah membantu orang tidur lebih baik," ungkap Phyllis Zee, direktur Pusat Gangguan Tidur di Northwestern University.

Cara ini tentunya lebih aman bagi para penderita insomnia karena tidak harus melibatkan obat tidur yang biasanya mempunyai efek samping terhadap kesehatan.

Zee juga menjelaskan, tidur adalah salah satu komponen penting dalam menjalankan gaya hidup sehat, yang sama pentingnya dengan kebutuhan nutrisi dan olahraga.


sumber: http://www.onteljawa.co.cc

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda