2011/04/26

Angka Pengangguran Alami Kenaikan

Menurut data yang ada di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Blitar, angka pengangguran pencari kerja di Kota Blitar bulan ini sekitar 2.189 orang. Angka ini naik dibandingkan data bulan sebelumnya sekitar 2.164 orang.
Ungkapan ini telah disampaikan oleh Drs. Handoko, Kepala Bidang Ketenaga Kerjaan Dinsosnaker Kota Blitar, pengangguran pencari kerja itu merupakan data mereka yang mencari kartu kuning, ke Dinsosnaker.
Dari sekitar 2.189 pengangguran itu, 2 orang telah ditempatkan sebagai TKI, sementara sekitar 263 orang lainnya masuk daftar penghapusan, karena tidak melakukan registrasi kartu kuning ke Dinsosnaker sesuai yang dipersyaratkan setiap 6 bulan sekali. Sedangkan pengangguran pencari kerja yang belum ditempatkan saat ini mencapai sekitar 1.924 orang. Jumlah pengangguran pencari kerja ini, diakui tidak sebanding dengan peluang kerja yang ditawarkan dan masuk ke Dinsosnaker, sekitar 53 lowongan pekerjaan.
“Namun demikian jumlah penempatan tenaga kerja ini diprediksi lebih dari 2 orang, karena banyak diantara pengangguran pencari kerja ini tidak melaporkan kepada Dinsosnaker, ketika sudah diterima kerja, baik sebagai karyawan swasta disuatu perusahaan maupun PNS,” imbuh Handoko.
Lebih lanjut Handoko menambahkan, untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Blitar ini, Dinsosnaker tidak hanya mengandalkan peluang kerja dari perusahaan, namun juga melakukan pelatihan kewirausahaan, seperti pelatihan bordir, las dan lainya, dengan sasaran pengangguran pencari kerja dan korban PHK, agar mereka mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.(yuk)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda