2011/04/18

Sanggar Pasinaon Pambhiworo Kabudayan Keraton Surakarta Pang Blitar Lestarikan Budaya Jawa PDF

Untuk melestarikan dan mempertahankan kebudayaan Jawa dari kepunahan, sebanyak 48 siswa Sanggar Pasinaon Pambhiworo Kabudayan Keraton Surakarta Pang Blitar angkatan XI tahun 2011 menekuni proses pembelajaran kebudayaan jawa yang sudah berjalan sekitar dua bulan di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Materi yang dipelajari diantaranya Kawruh Basa, Seratan Jawi, Tata Busana, Kawruh Manton atau tradisi Pernikahan.


Kanjeng Raden Aryo Tumenggung H. S.Purnayudha Nagoro, Pamong Sanggar Pasinaon Pambhiworo Kabudayan Keraton Surakarta Pang Blitar mengatakan bahwa dari tahun ke tahun jumlah siswa yang mengikuti pasinaon di sanggar ini semakin meningkat. Apabila di tahun 2010 lalu atau angkatan X hanya sekitar 20 siswa namun di tahun ini meningkat sekitar 51% dari tahun sebelumnya. Mulai angkatan I sampai dengan angkatan X Sanggar Pasinaon Pambhiworo Pang Blitar ini berhasil meluluskan seluruh siswanya dan diharapankan keberadaan budaya jawa dan pengembangannya tetap terjaga dan tidak sampai tergilas oleh pengaruh budaya negatif mancanegara.

Pamong Sanggar ini memiliki 8 orang Dwija (guru pendidik) dan 4 orang dari Keraton Surakarta yang meliputi Kanjeng Raden Mas Aryo Tumenggung Radityo Lintang Sasongko, MSi, Kanjeng Raden Aryo Budaya Ningrat S.Karawitan, Drs. Kanjeng Raden Aryo Bowodiningrat, S.Pd dan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Slamet Mangku Setyo Nagoro.

Sementara itu Dwija dari Pang Blitar diantaranya Kanjeng Raden Aryo Tumenggung H. S.Purnayudha Nagoro, Kanjeng Raden Tumenggung H. Muhammad Sidik S.Sos. M.Ap, Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Muhammad Yunus Dwija Diningrat, Kanjeng Raden Aryo Tumenggung DR.Ir. Sunartodiningrat. (ning)


sumber: (http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda