2011/05/25

Dalang Kota Blitar Masuk 10 Besar Terbaik Jatim

 Gambar : Ki Rudianto saat tampil dalam festifal pedalangan.

Seniman binaan dari Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah (Kominparda) Kota Blitar kembali mengukir berprestasi pada festifal tingkat Propinsi Jawa Timur. Hal ini di tunjukkan dalam festifal pedalangan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur di Jl. Genteng Kali Surabaya pada tanggal, 19 hingga 21 Mei 2011 kemarin. Ki Rudianto yang dikenal dengan Rudi Gareng dari Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar yang menjadi wakil Kota Blitar ini bisa berhasil masuk sepuluh besar dalang terbaik. Dalam kesempatan itu juga tidak hanya dalangnya saja yang meraih prestasi, namun Darwiyanto, selaku penata iringan yang menyertai festifal itu, juga berhasil meraih juara I.

Djoko Haryanto, Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Kominparda Kota Blitar saat dikonfirmasi diruang kerjanya Selasa, (24/5) mengatakan, keberhasilan wakil dari Kota Blitar dalam festifal pedalangan se- Jawa Timur tahun ini sudah sesuai dengan harapan. Karena dalang dan penata iringan wakil dari Kota Blitar ini sudah sering tampil dan professional dalam pedalangan, meski dalam latihan hanya sekitar tiga hari, ia tetap menorehkan prestasi yang membanggakan. ”Padahal wakil dari daerah lain yang ada di Jawa Timur persiapan latihannya rata-rata sekitar satu bulan penuh,” imbuhnya.
Lebih lanjut Djoko menambahkan, dalam pealaksanaan festifal dalang se-Jawa Timur di Surabaya tahun 2011 ini, Dinas Kominparda Kota Blitar mengirimkan sekitar 35 seniman. Selain dalang juga seniman pengrawit maupun sinden. Sejumlah seniman ini tampil dengan nomor peserta 06 dari seluruh peserta sebanyak 23 wakil dari daerah kota dan kabupaten se- Jawa Timur.
 ”Dalam penampilannya, mereka cukup optimal. Para penonton yang menyaksikan jalannya festifal juga cukup terhibur. Terbukti saat para wakil Kota Blitar tampil, penonton di area festifal cukup padat.” tambah pria yang juga seniman Kota Blitar ini.


sumber :(http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda