2011/05/25

Pentingnya Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur (WUS) dan Pasangan Usia Subur (WUS) di wilayah Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar mengadakan penyuluhan kesehatan bagi sekitar 100 wanita usia subur (WUS) di Aula Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Sabtu, (21/5) kemarin.
dr. Dissie l. Arlini, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar ketika ditemui diruang kerjanya, Senin siang (23/5) mengatakan, setelah sukses mengadakan deteksi awal kanker leher rahim melalui pemeriksaan pap smear dan IVA gratis di UPTD Kesehatan Kepanjenkidul, Jum’at, 25 Februari 2011 lalu, sebanyak 60 sample pasangan usia subur (PUS) yang sudah dilakukan pemeriksaan sebanyak 20 % normal dan 80 % lainnya terdeteksi menyebarnya jamur pada alat vital wanita.
Dari 80 % yang terdekteksi jamur ini, 0,1%n ya terkena gejala kanker leher rahim.
Namun, hal ini bisa sembuh total dengan melakukan perawatan dan pengobatan secara rutin. Untuk itu, menindaklanjuti hal ini, penyuluhan ini penting diberikan ulang kepada wanita usia subur di kecamatan ini.
Lebih lanjut Dokter Dissie menambahkan, dari 7 kelurahan diwilayah ini, ada sekitar empat kelurahan yang belum tersentuh program  pemeriksaan Pap Smear dan IVA ini diantaranya, Kelurahan Sentul, Ngadirejo, Kauman, Kepanjenlor. Dengan harapan, pasangan usia subur dan wanita usia subur diwilayah ini tetap menjaga kehigienisan dan kesehatan reproduksinya.

sumber:(http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda