2011/05/24

Libatkan Ratusan Siswa Dalam Apresiasi Seni

Gambar: Anjungan PIPP Kota Blitar
Para seniman pelajar dan guru SMAK Diponegoro Kota Blitar menyuguhkan hiburan kesenian tradisional kepada keluarga besar sekolah dan pengunjung Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) kota Blitar dalam Apresiasi Seni yang berlangsung Jum’at malam , (20/5).
Dra. Nanik Lestari, penata tari SMAK Diponegoro saat dikonfirmasi sebelum pementasan di PIPP Jumat (20/5) mengatakan, kegiatan apresiasi seni seperti ini dilakukan setiap tahun dengan tempat yang berbeda-beda. Kadang di sekolah, di Amphiteater dan PIPP Kota Blitar seperti pada saat ini. Dalam apresiasi yang juga untuk mengisi peringatan hari Pendidikan dan hari Kebangkitan Nasional 2011 ini mengambil judul hamukti palapa
. Seni drama tari ini didalamnya menggambarkan kisah tentang Sumpah Palapa oleh Patih Gajah Mada dalam menyatukan nusantara. Sebelum menampilkan kesenian tradisional dalam apresiasi seni, beberapa langkah telah dipersiapkan. Diantaranya langkah yang dilakukan, menggali cerita yang disajikan dalam skenario dan sutradara, Ki. Erwin, yang juga guru seni di SMAK Diponegoro Kota Blitar.
Ninik menambahkan, persiapan-persiapan telah dilakukan mulai awal  semester II lalu. Mulai penghafalan narasi oleh para guru dan siswa-siswi, penggarapan gerak tari hingga perpaduan gerak dan gamelan serta seni peran yang dibawakan. Selain menghibur, beberapa manfaat menjadi target dari pagelaran itu sendiri. Seperti melestarikan budaya sesuai harapan pemerintah, mengasah kemampuan anak dan guru serta mengenalkan keberadaan SMAK Diponegoro di tengah tengah masyarakat.
Dalam apresiasi seni ini sekolah melibatkan sekitar 235 siswa dan 15 guru yang sesuai dengan perannya masing-masing. Mulai penata rias, property hingga pemeran utama. Karena seluruhnya dilakukan keluarga besar SMAK Diponegoro. Termasuk busana yang digunakan juga milik sekolah dan pemeran.(der)

sumber; (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda