2011/05/24

Karena BBLR, 7 Bayi Meninggal

Menurut data yang ada Dinas Kesehatan Kota Blitar sampai bulan Mei 2011 tercatat sekitar 7 balita di Kota Blitar meninggal dunia.
dr. Dharma Setiawan, Kabid Peningkatan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar saat di konfirmasi di ruang kerjanya Jumat (20/5) mengatakan, kalau melihat data ini pihaknya berharap tahun 2011 jumlah balita yang meninggal dunia tidak bertambah. Sebelumnya, pada tahun 2010 lalu tercatat ada 39 kematian balita usia 0 hingga 5 tahun, kemudian satu kematian ibu melahirkan. Dari Kasus kematian balita diantaranya disebabkan karena Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR), sedangkan satu ibu melahirkan yang meninggal dunia karena ibu bersangkutan masuk kategori ibu beresiko.
Dari data yang ada Dinas Kesehatan Kota Blitar, ibu tersebut menderita penyakit jantung, sehingga tidak diperkenankan untuk hamil, namun ternyata ibu bersangkutan tetap hamil, hingga akhirnya meninggal dunia beberapa saat setelah melahirkan.
Sementara pada tahun 2011 ini kendati belum ada kasus kematian ibu melahirkan, namun langkah antisipasi terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Blitar, diantaranya selain memastikan seluruh kasus ditangani melalui pelayanan kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit, pihaknya juga akan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, karena jika dilihat dari sisi kuantitas, jumlah tenaga medis maupun jumlah tempat pelayanan kesehatan masyarakat sudah mencukupi.
Lebih lanjut Dokter Dharma menambahkan, khusus untuk peningkatan layanan kesehatan bagi ibu hamil, pemerintah pusat melalui pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kesehatan juga menyediakan layanan Jaminan Persalinan (Jampersal), sehingga siapapun yang memanfaatkan program ini akan mendapatkan pelayanan gratis, termasuk penggratisan biaya perawatan di kelas 3.(yuk)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda