2011/05/24

Grebeg Pancasila Tetap Manfaatkan Istana Gebang

Kendati saat ini masih terjadi konflik di internal keluarga ahli waris berkaitan dengan asset rumah masa kecilPresiden Soekarno Istana Gebang di Jl. Sultan Agung Kota Blitar, namun pemerintah Kota Blitar memastikan tetap memanfaatkan Istana Gebang dalam perayaan hari lahirnya Pancasila 1 Juni mendatang.

Kepastian itu seperti diungkapkan A. Abumansur, SH, MSI, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Pariwisata Daerah (Kominparda) Kota Blitar.
Tahun lalu perayaan hari lahirnya Pancasila digelar Grebeg Pancasila yang diawali dengan ritual bedolan pusaka pada tanggal 31 Mei malam dari Istana Gebang ke kantor Walikota Blitar. Tahun 2011 inipun agenda serupa akan digelar, dengan tetap memenfaatkan Istana Gebang dalam agenda ini, kendati saat ini terjadi konflik diinternal keluarga ahli waris Istana Gebang. Secara formal pihaknya telah mengirimkan surat ijin pemakaian tempat ini kepada keluarga ahli waris Istana Gebang untuk melaksanakan ritual bedolan pusaka dan sudah mendapat persetujuan dari keluarga.


Sementara itu, menurut rencana Grebeg Pancasila yang biasa diperingati 1 Juni 2011 di Kota Blitar, akan diawali dengan kegiatan bedolan pusaka pada tanggal 31 Mei malam, dari Istana Gebang ke kantor Walikota Jl. Merdeka. Setelah itu dilanjutkan dengan tirakatan atau malam perenungan, dengan melibatkan ratusan budayawan dan seniman dikantor Walikota Blitar. Puncak Grebeg dilaksanakan pada tanggal 1 Juni dengan upacara budaya di Alun-alun Kota Blitar, dilanjutkan dengan kirab gunungan lima hasil bumi dari Alun-alun menuju Makam Bung Karno. Kegiatan ditutup dengan kenduri Pancasila, disi dengan selamatan dan doa kelestarian Pancasila, nilai dan ajarannya di areal Makam Bung Karno.(yuk)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda