2011/05/02

Karawitan Dan Opera Isi Resepsi Hari Jadi

Gambar : Para PKK dan GOW saat berlatih Karawitan di Aula Dinas Kominparda Kota Blitar.
Menjelang tampil mengisi acara malam resepsi HUT Kota Blitar dihalaman Kantor Walikota Blitar, 20 anggota dari PKK dan GOW serta  opera pelangi Istana Gebang oleh pelajar se-Kota Blitar, Kamis (28/4) melakukan latihan di Aula Dinas Kominpada Kota Blitar. Kegiatan ini dihadiri oleh Nugraheni Ichwanto, Ketua Dharmawanita Kota Blitar dan istri pejabat di Kota Blitar yang tergabung dalam organisasi wanita di Kota Blitar.
Istri ketua DPRD Kota Blitar, Glebot Catur Arianto, selaku koordinator latihan dalam karawitan ini saat dikonfirmasi mengatakan, kelompok kesenian ini melibatkan sekitar 20 personil, yang terdiri dari pengrawit dan swarawati yang tergabung organisasi ini. Menurut rencana kelompok ini akan menampilkan empat gendhing Jawa, diantaranya, kutha Blitar, prau layar, kelinci ucul dan gethuk. Keterlibatan para anggota ini sekaligus untuk memacu semangat warga Kota Blitar terutama generasi muda  untuk lebih mencintai dan merasa memiliki budaya tradisional ini serta mempertahankannya dari kepunahan.
Sementara itu, Heri Langit, seniman Kota Blitar yang juga pelatih opera pelangi Istana Gebang ini mengatakan, yang terlibat mengikuti giat ini sekitar 40 pelajar. Sebagai persiapan mengisi resepsi hari jadi, yang akan ditampilkan sebelum berlangsungnya pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki. Rudi Gareng dari Kelurahan Ngadirejo Kota Blitar. Opera ini menceritakan tentang hari-hari kecil Bung Karno.
Dengan keterlibatan para seniman muda dan umumnya seniman lokal dari Blitar ini, kedepan diharapkan mendapat tempat dihati masyarakat dan bisa terlibat langsung dievent-event Pemerintah Kota Blitar.
Adapun secara teknis, dua kegiatan ini dilakukan secara bergantian, untuk sesii pertama latihan karawitan hingga sekitar pukul 12.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan gladi bersih opera hingga Kamis sore (28/4).(ning)

sumber: (http://blitar.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda