2011/05/03

Keberadaan Museum Peta Tunggu Relokasi Sekolah

Gambar : Pimpinan Yapeta Pusat saat berkunjung ke Kota Blitar.
Beberapa waktu yang lalu pemerintah Kota Blitar bersama Korps Peta Blitar telah melakukan pertemuan dengan Panglima TNI di Jakarta untuk membahas tentang rencana pembangunan museum Peta di Kota Blitar. Sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan yang berlangsung di markas besar panglima TNI pada pertengahan bulan Maret 2011 lalu, telah dilakukan kunjungan dari Yayasan Peta (Yapeta) pusat di area monument Peta yang akan dibangun museum Peta. Kunjungan yang berlangsung sekitar akhir Maret 2011 lalu di pimpin langsung oleh ketua Yapeta pusat, Tinton Suprapto.

Djoko Haryanto, Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah (Kominparda) Kota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, rencana adanya museum Peta di Kota Blitar akan direalisasikan setelah adanya relokasi sekolah yang ada di kompleks monument Peta Kota Blitar. Karena keberadaan museum Peta nantinya berada di area yang saat ini ditempati sekolah seperti SMPN 5 Kota Blitar. Jika relokasi sekolah sudah dilaksanakan, sambil menunggu dibangunnya museum Peta, mulai diisi dengan benda-benda bersejarah yang ada hubungannya dengan perjuangan Peta di Blitar. Bahkan benda-benda sejarah yang ada di museum Bogor rencananya juga dibawa ke Kota Blitar. Seperti peralatan tempur, berupa tank dan lainya.
Djoko menambahkan, rencana berdirinya museum Peta di Kota Blitar ini sebenarnya sudah lama, namun perlu tahapan-tahapan yang harus dilalui, mulai perencanaan, relokasi sekolah hingga berdirinya museum. Pemerintah Kota Blitar hanya menyediakan tempat, sedangkan materi-materinya dari pemerintah pusat.(der)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda