2011/06/07

Kurangnya Komunikasi, Kunjungan Ibu Hamil Berkurang

Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar melalui pertemuan lintas sektor yang melibatkan sekitar 40 undangan diantaranya, Kasi Kesos dari Kecamatan dan Kelurahan, Bagas dari kelurahan siaga, kader kesehatan serta leading sektor dari UPT Bapemas dan KB ditingkat kecamatan dan penyuluh KB dan bidan wilayah dimasing-masing kelurahan di Kecamatan Kepanjenkidul, diruang pertemuan UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, Kamis (26/5), diketahui ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan yaitu kunjungan ibu hamil pada tri semester terakhir yang masih mencapai sekitar 70 % dengan target 90 %. Upaya yang dilakukan untuk mencapai target ini dengan memberikan sosialisasi pentingnya pemeriksaan ibu hamil pada semester I & II minimal masing-masing 1 kali pemeriksaan dan 2 kali pemeriksaan minimal di semester III.

dr. Dissie L.Arlini, Kepala UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar ketika ditemui diruang kerjanya Jum’at (27/5) mengatakan, untuk mengevaluasi kegiatan di tahun sebelumnya serta untuk mensosialisasikan visi misi dan strategi pelayanan kesehatan dalam rangka menyusun program kegiatan tahun 2011, khususnya program kegiatan ibu dan anak serta KB, UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul telah melakukan koordinasi bersama lintas sektor terkait. Koordinasi untuk menyukseskan program dan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat terhadap respon permasalahan kesehatan telah berlangsung di ruang pertemuan UPTD Kesehatan Kepanjenkidul, Kamis (26/5).
Sementara itu diantara program kerja yang akan dilakukan tahun 2011 hasil dari koordinasi itu melakukan pemeriksaan antenatal care ibu hamil yang berkualitas, melakukan kegiatan kelas Ibu yang ada dimasing-masing kelurahan di Puskesmas pembantu dengan melakukan senam hamil dengan jadwal masing-masing pustu berbeda-beda. Penyuluhan kesehatan reproduksi bagi wanita usia subur dan pasangan usia subur, sosialisasi deteksi dini kanker leher rahim dan pemeriksaan IVA dan Pap Smear yang akan dilaksanakan 31 Mei, sebanyak 75 sasaran. Selain itu, penyuluhan kepada ibu hamil untuk lebih memperhatikan kesehatannya dan mempersiapkan proses kelahirannya nanti.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda