2011/06/07

Training Of Trainer Bagi Petugas Klinik KB

Gambar: Ilustrasi Pemberian KB Suntik
Dengan tujuan agar petugas R/R klinik bisa mempraktekkan pencatatan dan pelaporan  pelayanan kontrasepsi di klinik KB pemerintah, swasta, dokter praktek swasta dan bidan praktek swasta,sekitar 35 peserta mengikuti Training of Trainer  (T.O.T) R/R klinik satu diantaranya tentang pencatatan dan pelaporan  pelayanan kontrasepsi dari BKKBN Provinsi Jawa Timur di Aula Bapemas dan KB Kota Blitar, Kamis (26/5). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Bapemas dan KB Kota Blitar dengan narasumber Lukito, Kepala Bidang IGAP (Informasi Keluarga Analisis Program) BKKBN Provinsi Jawa Timur.

M. Taufik, SH, M.AP, Kepala Bapemas dan KB Kota Blitar ketika dikonfirmasi Kamis (26/5) sebelum T.O.T dimulai mengatakan, pelatihan ini diantaranya tentang dasar-dasar manajemen perencanaan, pendataan dan  untuk mengenal ilmu KB. Jika semua unsur bisa menguasai materi dasar ini dengan baik, maka semua proses manajemen yang dilakukan di Kependudukan dan KB ini bisa akurat.
Sementara itu, Lukito, Kepala Bidang IGAP (Informasi Keluarga Analisis Program) BKKBN Provinsi Jawa Timur, menjelaskan pasca T.O.T ini, bisa menunjukkan  indikator keberhasilan dari para peserta untuk mampu menjelaskan konsep dasar dari pencatatan dan pelaporan pelayanan kontrasepsi. Mulai dari jumlah akseptor KB, jumlah alat kontrasepsi yang didistribusikan kepada sasaran, hasil kegiatan pelayanan, keadaan alat-alat kontrasepsi di klinik, keadaan alkon. Dengan frekuensi laporan setiap bulan, tiap tahun, semester-an, dengan evaluasi satu tahun.
”Selain itu semua perkembangan data yang sudah dikirimkan dan dilaporkan oleh masing-masing kota/kabupaten yang sudah di-link dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan pusat sudah bisa terbaca dengan keakuratan dan kevalid-tan data yang ada,” imbuh Lukito.
Lukito menambahkan, semua pelaporan pelayanan kontrasepsi ini akan dijadikan bahan evaluasi untuk menentukan kebijakan kedepan.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda