2011/06/28

Torehkan Prestasi Dalam Pekan Seni Pelajar

Dari cabang seni tetembangan para wakil dari Kota Blitar bisa mampu menorehkan prestasi yang cukup bagus dalam Pekan Seni Pelajar Jawa Timur di Probolinggo, 20 hingga 24 Juni 2011 kemarin. Dari cabang seni yang membutuhkan vocal dan pengrawit yang cukup bagus ini, para wakil dari Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar berhasil meraih tiga tropy.
Erwin, koordinator cabang seni tetembangan Kota Blitar saat dikonfirmasi di kantor Dikda Kota Blitar Jumat (24/6) mengatakan, tiga tropy yang diraih ini terdiri dari satu tropy vocal terbaik untuk tingkatan sekolah dasar atas nama Lidya dari SDN Sananwetan I, satu tropy diraih setelah masuk lima penyaji terbaik dan satu tropy lagi diraih karena masuk lima peñata musik terbaik untuk kelompok SLTA.

Dilain pihak Bambang Sumitro, selaku penata musik dari Kota Blitar saat dikonfirmasi di tempat dan jam yang sama mengatakan, perolehan prestasi ini sudah sesuai dengan harapan. Karena sebelum berangkat sudah ditargetkan, setidaknya diantara wakil dari Kota Blitar ada yang masuk penyaji terbaik. Keberhasilan ini juga tidak lepas dari persiapan yang telah dilakukan sejak pasca seleksi pada akhir bulan Mei 2011 hingga menjelang keberangkatannya ke Probolinggo. Baik latihan penentuan nada tetembangan hingga perpaduan antara vocal dan gamelannya.
Lebih lanjut Bambang menambahkan, wakil dari Kota Blitar kelompok SD meraih vocal terbaik dari garapan yang berjudul gumregah, yang isinya menggambarkan tentang kebangkitan seni. Sedangkan untuk kelompok SMP yang membawakan langgam harus mengakui jika wakil Kota Blitar masih kurang maksimal sehingga gagal meraih tropy.  ‘Sementara untuk kelompok SMA yang mengambil drama tembang dengan judul bantene kamukten, yang menceritakan wayang purwo Sumantri Ngenger berhasil masuk penyaji dan peñata musik terbaik. 
Kegiatan Pekan Seni Pelajar 2011, dari cabang seni tetembangan ini Kota Blitar telah mengirimkan sekitar 64 seniman pelajar. Sekitar 37 anak untuk kelompok SD/MI, 12 anak SMP/MTs dan 15 anak kelompok SMA sederajat.(der)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda