2011/07/26

Rangkaikan Kegiatan Bersih Desa Dengan HUT RI


Gambar : Walikota Blitar saat mengikuti kirab buceng guyub di Kel. Sananwetan.

Perayaan bersih desa Kelurahan Sananwetan Kota Blitar tahun 2011 ini meriah, bahkan panitia menggelar sejumlah kegiatan untuk merayakan bersih desa Kelurahan yang jatuh hari Jum’at Legi (22/7), selama 4 hari berturut-turut mulai Kamis (21/7) hingga minggu (24/7) juli 2011.
Sujarno, panitia kegiatan bersih desa Kelurahan Sananwetan saat dikonfirmasi Jumat (22/7) mengatakan, setiap tahun agenda bersih desa selalu
digelar dengan meriah, tahun 2011 inipun menurutnya lebih meriah dibandingkan tahun lalu, karena digabung dengan kegiatan peringatah HUT RI. Kegiatan inipun sudah diawali sejak Kamis sore (21/7) kemarin, dengan acara selamatan dimasing-masing lingkungan serta mocopat, dilanjutkan Jum’at (22/7) dengan kirab buceng guyub, dengan harapan tercipta kerukunan antar warga, yang diikuti langsung oleh Walikota Blitar Muhamad Samanhudi Anwar. Start di kantor kelurahan dan finish di makam pendiri kelurahan, mbah Imam Supingi, yang dilanjutkan dengan kenduri bersama. Kemudian Jum’at siang (22/7) mulai pukul 13.00 digelar pasar murah gakin, dengan melibatkan sekitar 34 Gakin, yang masing-masing gakin sebelumnya diberi modal sekitar Rp. 100 ribu. Pasar murah gakin inipun di beri hiburan reog dari Kelurahan Sananwetan sendiri.
Sementara itu dalam agenda ini Walikota Blitar menyambut dengan positif agenda kegitan ini, karena dinilai bisa mampu meningkatkan kerukunan antar warga, selain juga tetap nguri-nguri budaya Jawa. Sebab dalam kirab buceng guyub ini seluruh peserta menggunakan kostum adapt Jawa.
Sementara itu pada hari Sabtu (25/7) dilanjutkan dengan kegiatan lomba gerak jalan, yang diikuti dari perwakilan 17 RT, 60 RW dan dari tim penggerak PKK, serta pagelaran  jaranan dan ketoprak (japrak).


sumber : http://blitarkota.go.id

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda