2011/08/09

Beri Keleluasaan Sekolah Adakan Kegiatan Pondok Ramadhan


Gambar : Kegiatan podok ramadhan SDN Sentul II di Masjid Baitul Aziz.

Setiap tahun lembaga-lembaga sekolah baik dibawah binaan Kementrian Agama maupun Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar pada bulan Ramadhan selalu mangadakan kegiatan pondok Ramadhan bagi anak didiknya. Termasuk pada Ramadhan 1432 hijriah ini.

Drs. Sholehan, M.Pd, Kasubag TU Kantor Kementrian Agama Kota Blitar saat dikonfirmasi diruang kerjanya Jumat (5/8) mengatakan, kegiatan pondok Ramadhan sudah diawali dengan pawai songsong Ramadhan saat memasuki bulan Ramadhan lalu. Dilanjutkan dengan kegiatan pondok Ramadhan ditengah-tengan bulan puasa ini. Lembaga sekolah diberi keleluasaan untuk mengisi kegiatan ini. Apakah cukup dilaksanakan disekolah, di Masjid-Masjid ataupun di pondok pesantren. Bahkan bisa di perpustakaan. Dengan memilih tipe sesuai panduan masing-masing lembaga sekolah. Menginap dipondok pesantren atau di sekolah selama satu minggu, melakukan kegiatan hingga sore hari atau hanya sampai Dzuhur saja dalam mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan tentang Ramadhan.
Hal senada juga disampaikan Drs. Santoso, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Jumat (5/8). Menurutnya, dalam mengisi kegiatan bulan Ramadhan, sekolah-sekolah banyak yang menjalani kerjasama dengan Pondok Pesantren. Dengan mengajak anak didik ke pondok selama beberapa hari menyesuaikan kegiatan yang dibutuhkan. Sehingga merasakan betul kehidupan didunia pondok sebenarnya. Jika sebelumnya diantara mereka sebatas membayangkan saja, di bulan puasa bisa belajar secara langsung. Seperti di pondok pesantren Mambaus Syafaatil Qur’an Lingkungan Ngegong Kelurahan Gedog, di pondok pesantren Sukorejo ataupun di Lingkungan Dawuhan Kauman. Bahkan ada sebagian di Masjid Agung.
“Dibulan puasa Ramadhan ini selain kegiatan pembelajaran regular, kegiatan Ramadhan juga bisa berjalan dengan baik,” harap Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar ini.


sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda