2011/08/02

Gelar Wayang Orang Untuk Peringati HUT RI

Beberapa kegiatan perayaan HUT RI di tahun 2011 ini banyak yang dimajukan jadwal pelaksanaannya karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Satu diantaranya pementasan wayang orang yang diselenggarakan oleh Dinas Kominparda Kota Blitar.
Djoko Haryanto, Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Kominparda Kota Blitar menyebutkan, dalam penampilannya nanti sebagian besar melibatkan para remaja yang terdiri dari pelajar siswa-siswi SMP dan SMA di Kota Blitar. Pagelaran wayang orang itu disutradarai oleh Ki. YP Erwin salah seorang seniman muda terbaik Kota Blitar. Untuk proses
persiapan dan latihan sudah dilaksanakan sejak awal bulan Juli supaya kolaborasi yang ada bisa berjalan dengan baik. Komposisi dari pelaku wayang orang nanti mulai dari pengrawit dan pemeran yang sebagian besar dari para pelajar nanti sekitar 60 % berkolaborasi dengan seniman senior Kota Blitar. Sehingga pelestarian budaya tradisional bisa berkesinambungan dan terus terjaga kelestariannya.
Lebih lanjut Djoko berharap, penampilan para seniman binaannya nanti bisa menghibur masyarakat yang ada. Selain mengingatkan kembali kesenian wayang orang, yang merupakan kesenian peninggalan jaman dulu yang masih perlu dilestarikan. Dimana pada pementasan kesenian yang berlangsung di PIPP Kota Blitar ini untuk wayang orang mengambil lakon sadumuk bathuk sanyari bumi dan ketoprak dengan lakon lutung kasarung.


sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda