2011/10/25

Kesenian Jaranan Meriahkan Bersih Desa

Setiap tahun tepat pada hari Jum’at Pahing bulan Selo, Kelurahan Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar selalu menggelar upacara adat ritual Bersih Desa. Puncak acara tahun ini berlangsung pada hari Jum’at pagi (21/10).
Diisi dengan kirab seni budaya keliling Kelurahan Blitar dengan start dan finish di depan Kantor Kelurahan Blitar. Dalam kirab budaya ini dimeriahkan oleh puluhan grup kesenian yang ada dikelurahan Blitar


Supriyanto, Lurah Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar saat dikonfirmasi disela - sela kirab Jumat pagi (21/10) menyebutkan, dalam kirab budaya ini diikuti kesenian kesenian yang ada di Kelurahan Blitar. Seperti empat grup kesenian Jaranan dan penampilan komponen pelajar di wilayah Kelurahan Blitar juga ikut andil dalam kirab udaya ini, seperti becak hias, drum band serta pasukan pengibar bendera oleh para pelajar. Sedangkan sebelum puncak acara berlangsung, sudah didahului dengan kegiatan -kegiatan keagamaan, seperti pembacaan tahlil dan khotaman Al-Qur’an. Sementara setelah puncak acara juga diisi dengan kenduri massal di Balai Kelurahan Blitar. Setelah selesai sholat Jum’at, diisi dengan kesenian langen tayub hingga malam hari.

”Dengan adanya bersih desa ini diharapkan bisa membersihkan diri dan menghilangkan pemikiran negatif untuk menatap kedepan yang lebih baik, tidak hanya bagi pemerintah saja, namun juga masyarakat. Selain sebagai sarana untuk melestarikan seni budaya yang ada,” harap Lurah Blitar.


Kirab budaya ritual bersih desa di Kelurahan Blitar ini diberangkatkan oleh Walikota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar, SH. Dalam sambutanya Walikota menyambut baik dan memberikan penghargaan apresiasi terhadap masyarakat dan kelurahan Blitar yang secara terus menerus nguri - nguri budaya dengan baik.

sumber : http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5474

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda