2011/11/22

Anggarkan Milyaran Rupiah Untuk Pasar Pon

Keberadaan Pasar Pon yang sebentar lagi akan di bangun.
Untuk pengembangan pasar tradisional di Kota Blitar, tahun anggaran 2012 mendatang pemerintah Kota Blitar akan membangun Pasar Pon yang ada di Jl. Kartini, melalui anggaran bantuan dari pemerintah pusat sekitar Rp. 5 milyar.


 Ungkapan ini seperti disampaikan Muhamad Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar saat dikonfirmasi di sela – sela aktifitasnya Jumat (18/11). Pembangunan fisik Pasar Pon ini sudah pasti akan terealisasi tahun 2012 mendatang, dimana secara tehnis proses tender hingga pengerjaannya dibawah pertanggungjawaban pemerintah pusat. Secara tehnis bagaimana konsep pembangunan Pasar Pon, belum diinformasikan secara rinci.
Pembangunan pasar tradisional agar tidak tergerus dengan perkembangan jaman serta pasar modern, seperti minimarket menurut saiful Ma’arif, wakil ketua DPRD Kota Blitar perlu dilakukan oleh pemerintah. Namun menurutnya tidak hanya berorientasi pada pembangunan fisik pasar saja, akan tetapi lebih pada pembangunan dan penyiapan skill para pedagang agar bisa mampu bersaing dengan pasar modern. Sehingga politisi dari PKB ini berharap, pembangunan Pasar Pon kedepan tidak hanya terfokus pada pembangunan fisik saja, namun juga ketrampilan bagi para pedagangnya, baik dalam bidang pemasaran maupun packing atau pengemasan barang yang dijual. Agar hasilnya tidak seperti Pasar Legi, dimana pasca dibangun justru pasar terlihat sepi.

Dan beberapa waktu lalu, wacana revitalisasi Pasar Pon telah dilakukan oleh pemerintah, bahkan kajiannya ditargetkan selesai ditingkat BAPPEDA pada akhir tahun 2011 ini, revitalisasi dilakukan dengan meninggikan Pasar Pon, 50 cm lebih tinggi dari badan jalan, agar tidak banjir ketika hujan, disamping tetap mempertahankan konsep pasar tradisional, seperti jalan pasar melingkar, namun akses parkir mengadopsi seperti pasar modern. Diperkirakan kebutuhan total untuk revitalisasi ini, mencapai sekitar Rp. 15 milyar.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda