2011/11/22

Penampilan Seni Padang Bulan Direspon Positip

Sekitar 100 seniman pelajar dan guru SMPN 2 Kota Blitar tampil optimal saat tampil dalam pertunjukan seni pelajar di Amphiteater Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar, Minggu sore (13/11). Meski sempat hujan, para seniman dari lembaga sekolah yang berada di Jl. Melati Kota Blitar ini bisa mampu tampil dengan maksimal.
Seni pertunjukan Padang Bulan yang ditampilkan juga mendapat respon positif dari penonton. Pertunjukan seni yang mengungkap kembali kebiasaan masyarakat Jawa jaman dahulu, ketika bulan purnama yang digunakan kesempatan untuk bermain bersama dihalaman rumah mereka ini, setidaknya ditonton sekitar 800 orang. Bahkan mulai awal hingga akhir pertunjukan, penonton tidak surut dalam menyaksikan seni pertunjukan yang dikemas dalam bentuk drama tradisional ketoprak ini.

Sulaiman, S.Pd, selaku pendamping siswa yang tampil di Amphiteater saat dikonfirmasi di kantornya Selasa (15/11) mengatakan, maksimalnya penampilan anak didik beserta guru dari SMPN 2 Kota Blitar yang ini berkat persiapan yang yang cukup matang. Sehingga saat membawakan cerita Dewi Sekartaji, berlatar belakang cerita dari kerajaan Kediri yang didalamnya ada cerita Dewi Sekartaji yang dianiaya ibu tirinya ini, sesuai dengan harapan. Dengan dasar latihan dari pembelajaran ektsra kurikuler bidang seni di sekolah, maupun latihan mempersiapkan diri sekitar satu bulan, di Balai Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo.

Sulaiman berharap, meski mampu tampil maksimal dan menghibur para penonton, ada harapan lain dengan tampil di Amphiteater. Tumbuhnya kreatifitas seni, tertanamnya rasa percaya diri dan yang terpenting anak anak paham dan mengerti jika memiliki potensi budaya, terutama kesenian tradisional yang perlu dilestarikan.

Sumber: http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda