2011/12/12

Genjot Peran Kopwan untuk Pengembangan Usaha

Pemkot Blitar berupaya untuk menggenjot peran koperasi wanita (kopwan) di Kota Blitar dalam kerangka pengembangan usaha produktif bagi masyarakat Kota Blitar. Saat ini, dari sejumlah kopwan yang beraktivitas di Kota Blitar, tercatat baru 6 kopwan saja yang memiliki usaha produktif.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinas Koperasi dan UKM) Daerah Kota Blitar, Hasnil Purwanto, SH, M.AP. Dia melanjutkan, minimnya jumlah kopwan yang memiliki usaha produktif di Kota Blitar ini menjadi sebuah permasalahan dan keprihatinan sendiri bagi pemkot.

Karena itulah, keenam kopwan tersebut diharapkan dapat menularkan ilmu dan wawasannya kepada kopwan lainnya yang ada di Kota Blitar mulai akhir tahun 2011 ini. Pemkot akan memfasilitasinya, dan diharapkan mulai terlihat hasilnya pada tahun 2012 mendatang, minimal dengan semakin bertambahnya kopwan yang memiliki usaha produktif, terangnya.
Keenam kopwan yang memiliki usaha produktif itu, imbuh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Kota Blitar, adalah Kopwan Belimbing dari Kelurahan Karangsari; Kopwan Wentar Tanjungsari; Kopwan Candra Kirana Pakunden; Kopwan Turi Turi; Kopwan Dewi Kunthi Plosokerep; dan Kopwan Srikandi Sukorejo.
Keenam kopwan inilah yang nantinya akan menjadi mentor di dalam upaya pengembangan usaha bagi para perempuan yang ada di Kota Blitar melalui kopwan-kopwan lainnya. Sehingga, dampak dari keberadaan kopwan terhadap upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, dapat terlihat, jelasnya.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Kota Blitar menambahkan, jika upaya ini dapat berhasil dilakukan, dinamika pembangunan di bidang perekonomian akan dapat semakin tinggi. Pasalnya, mayoritas usaha kecil dan menengah di Kota Blitar menggunakan jasa dan tenaga para perempuan.
Untuk itu, pendekatan pengembangan usaha masyarakat, terutama bagi kalangan perempuan, akan dapat efektif dilakukan jika melalui lembaga yang selama ini berkecimpung dengan dunia perempuan itu sendiri. Dan kopwan dipandang sebagai salah satu lembaga yang dapat menjalankan fungsi ini, pungkasnya.

Sumber : http://blitarkota.net

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda