2011/04/13

Daun Jambu Biji, bukan hanya obat diare lho!

Selama ini, dalam khasanah pengobatan tradisional kita mengenal daun Jambu Biji atau Jambu Kluthuk atau Jambu Batu hanya untuk penyembuhan diare. Sedangkan buahnya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan demam berdarah. Padahal ternyata Daun Jambu biji tua mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue atau DBD. Kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang dinyatakan ebagai quersetin dalam ekstrak daun Jambu Biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse trancriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus berinti RNA.
Demikian hasil sejumlah penelitian yang pernah dilakukan dan hal ini juga pernah dipaparkan oleh Kepala Badan POM Drs Sampurno MBA. 

Seperti diketahui, DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dengan angka kematian dan kesakitan yang cukup tinggi. Sampai saat ini pengobatan DBD masih bersifat suportif, yaitu mengatasi kehilangan cairan plasma akibat peningkatan permeabilitas pembuluh darah kapiler.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun Jambu biji dapat mempercepat peningkatan jumlah trombosit tanpa disertai efek samping yang berarti, misalnya sembelit. Namun demikian masih terus dilakukan utuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

Pemanfaatan daun dan buah Jambu Biji dalam pengobatan tradisional kita:
1) Diare
Daun Jambu Biji segar seberat 30 g, ditambah segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas direbus. Cairan ini diminum 2 kali sehari. Dapat juga 3 lembar daun Jambu Biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.
2) Sariawan
Rebus 1 genggam daun Jambu Biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.
3) Luka berdarah atau borok di sekitar tulang
Lumatkan daun Jambu Biji segar. Tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.
4) Kencing manis
Ambil 1 buah Jambu Biji yang masih mengkal dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.
5) Ambeien
Ambillah beberapa lembar daun Jambu Biji muda atau pucuknya ditambah sebuah Pisang Batu. Kedua bahan dicuci bersih. Pisang Batu tak perlu dikupas. Tumbuk keduanya. Air perasannya ditampung lalu diminum. Lakukan setiap hari secara teratur. Walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh.
6) Kembung pada anak-anak
Petik 3 lembar daun Jambu Biji yang masih muda dan segar. Rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang Pulosari dan 5 butir Adas. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja. Sebelum diminum sebaiknya air disaring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.
7) Menghilangkan bintik-bintik hitam atau bercak-bercak bekas jerawat. Setiap pagi gosok-gosoklah bintik-bintik hitam itu dengan daun Jambu Biji yang masih muda. Lakukan dengan rajin hingga bintik-bintik hitamnya berkurang.

sumber: (http://tanamanobatku.wordpress.com)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda