2011/04/13

Rimpang Jahe, si pedas dengan manfaat kesehatan

Tanaman rimpang yang satu ini sudah cukup akrab di telinga kita. Selain sebagai rempah penyedap masakan juga dikenal sebagai salah satu bahan dasar jamu. Selama ini Jahe sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk membunuh sel kanker ovarium. Namun ternyata, penelitian tentang jahe telah dilakukan oleh kalangan medis mancanegara. Seperti dikutip Kompas.com, asisten profesor pada bidang obstetri and ginekologi di Universitas Michigan Comprehensive Cancer Center, AS, Dr. Rebecca Liu mengatakan, bersama timnya ia telah melakukan tes terhadap bubuk Jahe yang dilarutkan dan diberikan pada kultur sel kanker ovarium.

Studi itu meneliti efektivitas Jahe terhadap sel penderita kanker. Meskipun demikian, studi ini masih merupakan langkah pertama. Dikatakan, Jahe dapat membunuh sel kanker dengan dua jalan, yaitu proses penghancuran yang dinamakan apoptosis dan autophagy, proses pemakanan sel. Hal ini diuraikan para ahli dalam pertemuan American Association for Cancer Research. Menurut Dr. Rebecca, banyak penderita kanker yang mengalami resistensi terhadap kemoterapi standar, dimana tindakan kemoterapi merupakan proses apoptosis. Sementara Jahe yang memiliki kemampuan memakan sel (autophagy) dapat membantu mereka yang mengalami resistensi terhadap kemoterapi.
American Cancer Society melaporkan kanker ovarium membunuh 16.000 dari 22.000 wanita AS. Jahe terbukti dapat mengontrol keadaan inflamasi, yang berhubungan dengan perkembangan sel kanker ovarium. Penelitian masih akan terus berlanjut hingga ditemukan formula yang paling tepat untuk penggunaan jahe sebagai fitofarmaka untuk pengobatan kanker.
Sementara ini, beberapa resep yang sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional kita:
1) Rematik
Siapkan 1 atau 2 buah rimpang Jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.
2) Luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh,
serta gigitan ular. Rimpang Jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.
3) Eksim
Parutlah lobak, lalu campurkan dengan air Jahe. Air Jahe dapat diperoleh dengan memarut rimpang Jahe, lalu diperas. Ramuan ini dioleskan ke bagian kulit yang terkena eksim. Biasanya dalam waktu 2 minggu saja penyakit sudah berkurang.
4) Syaraf muka yang sakit
Dahan terdiri dari campuran kentang, tepung terigu, dan Jahe. Caranya, kentang diparut, tambahkan tepung terigu dan bubuk Jahe. Tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan pada bagian muka yang sakit. Lakukan hingga penyakit sembuh.
5) Khasiat lain
Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak juga mampu berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda