2011/06/07

Petani Kel. Bendo Antisipasi Serangan Hama Wereng

Gambar : Petani di Kel. Bendo saat memanen padinya.
Pengalaman petani diwilayah Kelurahan Pakunden yang gagal panen akibat tanaman padinya diserang hama wereng membuat puluhan petani di Kelurahan Bendo resah. Kendati saat ini tanaman mereka masih aman dari serangan hama, namun mereka tetap melakukan lankah antisipasi. Secara tehnis hal itu akan dirumuskan melalui pertemuan antara 30 petani dengan instansi terkait seperti gapoktan, Dinas Pertanian dan Hippa, di Balai Kelurahan Bendo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, Jum’at malam (27/5).

Sugiyanto, Lurah Bendo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar saat ditemui diruang kerjanya Jum’at siang (27/5) mengatakan, kegiatan yang sama sebelumnya sudah dilakukan bersama kelompok tani makmur II kemudian dilanjutkan Jum’at malam (27/5) bersama dinas terkait untuk memecahkan permasalahan munculnya hama, yang acaranya dirangkai dengan pisah kenal PPL di Kelurahan Bendo.
Lebih lanjut Sugiyanto menambahkan, meskipun belum ada tanda-tanda adanya penyerangan hama pada tanaman pertanian dikelurahan ini, pihaknya bersama para petani tetap waspada dan tetap mengantisipasi jika sewaktu-waktu menyerang tanaman pertanian. Sehingga pertemuan ini dirasa sangat perlu dilakukan. 
Dimana menurut data yang ada di Kelurahan Bendo total ada sekitar 140 petani diwilayah ini, dengan total lahan pertanian sekitar  34 ha yang saat ini ditanami padi dan jagung. Dengan kondisi cuaca saat ini dua jenis tanaman ini rawan terkena hama yang mengakibatkan gagal panen.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda