2011/04/11

DPRD Kota Blitar desak pemkot lakukan antisipasi

DPRD Kota Blitar mendesak pemkot lakukan antisipasi - MayangkaraNews DPRD Kota Blitar mendesak pemkot lakukan antisipasi perubahan iklim bagi pertanian. Pernyataan itu disampaikan Syaiful Maarif Wakil ketua DPRD Kota Blitar menyusul terjadinya kegagalan panen utamanya di tanaman polowijo, misalnya: cabe dan jagung. Meskipun Syaiful tidak bisa menyebutkan secara rinci berapa persen petani Kota Blitar yang gagal panen, namun kondisi itu dijumpainya di kalangan masyarakat, akibatnya harga cabe melambung tinggi.
Meskipun Kota Blitar lahan pertaniannya hanya 10 persen dari seluruh wilayahnya, namun perlu mendapatkan perhatian serius karena menyangkut kesejahteraan petani.

Reporter Tita Wulandari melaporkan, Syaiful Maarif mengatakan, sudah seharusnya potensi petani Kota Blitar di garap dengan serius agar Kota Blitar tidak terlalu bergantung kepada luar kota untuk memenuhi kebutuhan sehari hari utamanya beras, cabe, jagung dan lain-lain.

Menanggapi hal ini Teteng Rukmo Condrono Kepala Dinas Pertanian kota Bitar yang di hubungi tim liputan Mayangkara lewat ponselnya mengatakan, akibat iklim yang ekstrim saat ini, diakui berpengaruh pada pertanian, utamanya terhadap tanaman pangan. Menurut teteng tidak hanya cabe dan jagung, namun  juga pada tanaman padi, dengan hujan yang terus menerus petani tidak memungkinkan untuk melakukan  variasi tanam sehingga harus menanam padi, akibatnya hasil menurun.

Dinas pertanian tahun 2011 ini melakukan pembinaan kepada petani untuk melakukan antisipasi, diantaranya dengan meyarankan kepada petani untuk memilih bibit yang unggul hibrida, baik untuk padi maupun jagung, sementara untuk cabe masih belum diketahui solusi yang bisa diterapkan. Kegagalan hasil panen menurut Teteng diakui ada namun totalnya hanya sekitar 1 persen dari tanaman yang ada, sayang Teteng belum bisa menyebutkan secara rinci data hasil panen di Kota Blitar untuk semua komuditas. (tita)

(sumber: http://radiomayangkara.com)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda