2011/04/20

Siapkan Dokter Kecil Dalam Lomba Tiwisada

Sebagai upaya membangun masyarakat yang berawawasan kesehatan dilingkungan sekolah dan memberikan pelayanan strata satu atau pelayanan tingkat dasar, serta mendukung program pengabdian masyarakat dalam kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar memberikan pembinaan rutin tiap tahun kepada sekitar 25 lembaga SD dan MI se-Kecamatan Kepanjenkidul menuju lomba Kader Tiwisada (dokter kecil) tingkat Provinsi Jawa Timur pada bulan Mei mendatang.

Masing-masing lembaga sekolah mengirimkan 2 perwakilan untuk mengikuti pembinaan, di UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Bahkan, SDN Tanggung Kota Blitar berinisiatif mengirimkan lebih dari dua siswanya untuk mengikuti kegiatan ini.
Untuk menyiapkan peserta yang ditunjuk untuk mengikuti lomba tingkat Jawa Timur, saat ini peserta masih mengikuti kegiatan pembinaan Trias UKS diantaranya, pendidikan kesehatan, penyuluhan kesehatan dan lingkungan sehat. Trias UKS sendiri diharapkan bisa diberdayakan dilingkungan sekolah masing-masing. Selanjutnya para dokter cilik ini diseleksi lagi untuk maju ke tingkat Jawa Timur. Hal ini seperti diungkapkan dr. Dissie l. Arlini, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.
Dengan upaya ini diharapkan, generasi penerus khususnya kader tiwisada ini bisa mengaktifkan perannya untuk ikut serta mendukung program kesehatan dan pendidikan dan menjadi kader tiwisada yang terlatih. Selain itudengan terus melakukan kerjasama yang solid dengan semua pihak.
Dalam kegiatan yang sama pada tahun kemari, dua kali berturut-turut ditahun 2009 dan 2010, Rifaldo Dwi Pramono, pelajar SDN Sentul 2 Kota Blitar dipercaya untuk mewakili Kota Blitar dalam pemilihan kader tiwisada atau dokter kecil tingkat Propinsi Jawa Timur.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda