2011/12/13

Lebih Meriah Bersih Desa Kelurahan Karangtengah Tahun Ini

Ketua TP. PKK Kota Blitar saat memeriksa standa bazaar di Kelurahan Karangtengah.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan Bersih Desa Kelurahan Karangtengah tahun 2011 dimeriahkan oleh warga sekitar. Jika sebelumnya hanya digelar selamatan dan baritan di kantor kelurahan, pada tahun ini juga digelar berbagai kegiatan.  Hery Prasetyo, S.Sos, MSi, Camat Sananwetan Kota Blitar saat dikonfirmasi Jum’at pagi (9/12) menjelaskan, puluhan tahun lalu peringatan Bersih Desa di Kelurahan Karangtengah juga dilaksanakan secara meriah.
Namun karena berbagai faktor enam tahun kebelakang hanya diperingati dengan menggelar selamatan dan baritan. Tanpa mengurangi makna dari kegiatan Bersih Desa itu sendiri. Dan mulai tahun ini masyarakat Karangtengah mencoba membangkitkan kegiatan untuk menyemarakkan Bersih Desa, sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap sang pencipta.


Hal yang sama diungkapkan Muhaser, Lurah Karangtengah. Selain menggelar selamatan dan baritan di Kantor Kelurahan, masyarakat juga melaksanakan kirab dari Kantor Kelurahan ke Makan Pepunden, diantaranya Pepunden Mbah Boneng, Mbah Bawuk dan Mbah Segawe, Kamis (8/12). Kemudian Jum’at pagi (9/12) dilaksanakan bazaar oleh ibu-ibu PKK dari 9 RW, dari total 11 RW.

Menurut Haser dalam kegiatan bazaar itu masyarakat tidak mendapatkan dana stimulant,. namun mereka tetap mendapatkan fasilitas tenda dan meja untuk menjajakan barang dagangannya.

Hal itu diakui Ninik, warga RT 2 RW 3 Kelurahan Karangtengah, satu diantara ibu-ibu PKK yang ikut menjajakan dagangannya dalam bazaar. Meskipun tidak mendapatkan bantuan namun bersama rekan lain, pihaknya menyambut baik digelarnya bazaar. Melalui bazaar ini, ia mengaku bisa mengenalkan produk rumah tangganya berupa peyek, kripik singkong, nasi jagung dan nasi pecel.

Dan pada Jum’at malam (9/12) bertempat di Halaman Kantor Kelurahan Karangtengah dilanjutkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk bersama dalang Ki. Yuwono dari Kabupaten Banyuwangi dengan mengambil lakon Wahyu Mustika Aji. Kemudian Sabtu pagi (10/12) ditempat yang sama dilanjutkan dengan kegiatan ruwatan.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda