2011/04/14

Legislatif : Pelayanan Puskesmas Untuk Ditingkatkan

Kendati dari sisi pelayanan dasar di 3 Puskesmas di 3 Kecamatan Kota Blitar sudah baik, namun dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai masih stagnand dan belum ada upaya inovasi peningkatan program.

Hal itu seperti diungkapkan Saiful Ma’arif, wakil ketua DPRD Kota Blitar. Selama ini dari pengamatannya pelayanan di UPTD Kesehatan di 3 Kecamatan Kota Blitar sudah bagus, terutama pasca penerapan program Citizents Carter (CC) seperti di UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul, namun dalam perkembangannya hal itu tetap stagnand, sehingga perlu ada inovasi untuk melakukan gebrakan pelayanan kesehatan yang lebih baik, baik dari sisi pelayanan medis langsung maupun sosialisasi, promosi atau memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kesehatan.


Ditempat terpisah, dr. Ngesti Utomo, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar membantah, jika selama ini tidak ada inovasi peningkatan layanan kesehatan di Puskesmas. Kendati pihaknya menganggap penilaian dari wakil ketua DPRD Kota Blitar itu merupakan masukan yang positif. Selama ini menurutnya Puskesmas di 3 kecamatan sudah menjalankan tugas yang menjadi kewajibannya, mulai dari pengadaan obat, hingga pelayanan kesehatan dasar, serta ada pengembangan penerapan program CC (kontrak layanan). Bahkan pemerintah saat ini juga telah memberi kelonggaran kepada 3 UPTD Puskesmas ditiap kecamatan untuk mengelola anggarannya sendiri.

Lebih lanjut Ngesti menambahkan, saat ini seluruh masyarakat, yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas termasuk warga miskin (gakin) semua sudah terlayani, sehingga pihaknya memastikan, pelayanan kesehatan di Puskesmas sudah maksimal.(yuk)

sumber: (http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda