2011/12/08

Rp 21 Miliar, Alokasi Anggaran Dinas PUD 2012

Pemkot Blitar merencanakan akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 21 miliar sebagai pagu anggaran Dinas Pekerjaan Umum Daerah (Dinas PUD) Kota Blitar pada tahun 2012 mendatang. Angka ini terhitung cukup lumayan dan berada pada posisi tepat di bawah alokasi anggaran untuk bidang pendidikan dan kesehatan.

Demikian disampaikan Drs. Ichwanto, M.AP, Sekretaris Daerah Kota Blitar. Dia melanjutkan, alokasi anggaran bagi Dinas PUD Kota Blitar memang terhitung besar, karena banyaknya alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur daerah dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Terutama yang masuk ke dalam dana perimbangan melalui dana alokasi khusus (DAK), bidang infrastruktur umum memang mendapatkan alokasi anggaran yang signifikan. Dengan adanya plot anggaran langsung dari pemerintah di atasnya, pemkot tidak mungkin menggeser alokasi anggaran tersebut pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) selain Dinas PUD Kota Blitar, terangnya.
Meski memiliki anggaran yang besar, imbuh Sekretaris Daerah Kota Blitar, Pemkot Blitar memastikan sasaran dan target pembangunan infrastruktur pada tahun 2012 akan diarahkan untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung perekonomian rakyat. Ini sesuai dengan arah dan tujuan pembangunan daerah pada tahun 2012 mendatang.
Jadi, alokasi anggaran bagi Dinas PUD Kota Blitar tersebut akan tetap memiliki korelasi dengan arah dan tujuan pembangunan daerah para tahun 2012. Sehingga, jika hendak dicermati, tidak akan ada masalah dengan alokasi anggaran yang terlihat besar tersebut karena sudah sesuai dengan arah dan tujuan pembangunan daerah, jelasnya.
Sekretaris Daerah Kota Blitar menambahkan, meski demikian, memang alokasi anggaran tersebut tidak ditujukan secara langsung pada pusat-pusat perekonomian daerah. Namun, dapat dipastikan, hal ini akan mampu mendorong percepatan dinamika perekonomian di Kota Blitar.
Misalnya, pembangunan jalan dan jembatan yang akan mampu mendukung akses transportasi; perdagangan; dan jasa lainnya. Juga pembangunan saluran irigasi yang dapat mendukung produktivitas pertanian di Kota Blitar, yang secara otomatis akan mendukung ketahanan; konsumsi; dan perdagangan pangan daerah, pungkasnya.

sumber : http://info.blitarkota.net

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda