2011/11/22

Investor Jepang Gandeng Petani Kota Blitar Budidayakan Ikan Sidat


Walikota Blitar (tengah baju putih) saat membuka sosialisasi budidaya ikan sidat.
Keberadaan ikan sidat yang berbentuk seperti belut namun berukuran lebih besar dan memiliki sirip juga telinga ini merupakan ikan berprotein tinggi yang selalu dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Bahkan saat ini pemenuhan ikan sidat bagi Negara Jepang masih sangat kurang. Untuk itulah salah satu investor dari Jepang berencana menggandeng para petani yang ada di Kota Blitar untuk budidaya ikan sidat yang nantinya akan diekspor ke Jepang.


Sebagai langkah awal pemerintah Kota Blitar dalam hal ini Dinas Pertanian telah menggelar sosialisasi budidaya ikan sidat, disalah satu hotel di Jl. Melati Kota Blitar, Kamis (17/11). Selain diikuti oleh para petani, kegiatan itu juga melibatkan instansi terkait. Hal ini seperti diungkapkan Drs. Teteng Rukmo Condrono, Kepala Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi disela – sela pelaksanaan sosialisasi ikan sidat di salah satu hotel di Jl. Melati Kamis (17/11) kemarin.

Sementara itu Anom Sigit Suryawan, Presiden Direktur Perusahaan Jepang di Indonesia saat dikonfirmasi terpisah menjelaskan, pihaknya akan menyuplai benih dan pakan ikan bagi para petani, sekaligus bertanggungjawab pada sistem sirkulasi air pada kolam dan pembelian ikan sidat besar. Sehingga tugas para petani hanya membesarkan ikan sidat sampai ukuran siap panen. 

Adapun rencana kerjasama perusahaan dari Jepang dengan para petani di Kota Blitar ini mendapatkan sambutan positif dari Moh.Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar. Menurut Walikota, kegiatan itu sesuai dengan satu diantara beberapa visinya, bahwa masyarakat tidak lapar. Apalagi petani tidak usah repot untuk mencari modal, karena hanya menyiapkan lahan untuk kolamnya saja. Bahkan jika hasilnya bagus, ikan sidat bisa menjadi maskot Kota Blitar selain ikan koi. Mengingat dari penelitian investor bersangkutan, jenis air di Indonesia yang cocok untuk budidaya ikan sidat hanya di perairan Blitar.

Sedangkan untuk mengawali kerjasama ini, sejak dua bulan yang lalu, Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar mulai membudidayakan ikan sidat, yakni untuk proses pembibitan.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda