2011/04/14

Krenyes Bebek Kremes, Monggo Dicicipi!

Krenyes Bebek Kremes, Monggo Dicicipi!



Jakarta - Penggemar sajian bebek, sebaiknya mampir juga ke tempat ini.  Mau nyicip olahan bebek apa saja hampir semuanya ada. Ada bebek goreng kremes, bebek bakar, bebek cabai hijau, atau bebek rica. Semuanya disajikan panas mengepul dan dagingnya gurih empuk. Apalagi sambalnya? Huah.. huah.. pedas dan sedep tenan!
Bebek memang belum surut sebagai salah satu lauk yang disukai banyak orang saat ini. Ragam resto yang menawarkan olahan bebek juga tak terhitung banyaknya. Tetapi toh saya tetap saja tergoda saat melintasi Jl. Bulevar Kelapa Gading dan melihat warna kuning mencolok dari rumah makan Bebek Goreng Kremes Monggo.

Dari namanya kelihatannya begor ini versi Jawa dan makin menarik minat saya. Rumah makan sederhana ini lumayan banyak disambangi pembeli. Menu yang ditawarkan juga lumayan banyak. Tinggal pilih mau bebek goreng atau bakar? Mau bebek yang ukuran kecil atau besar? Kalau tak doyan bebek juga ada pilihan ayam goreng atau bakar.

Paket bebek goreng kremes (Rp.18.000,00) ukuran kecil yang saya pesan, disajikan panas mengepul. Ditaruh di atas piring dengan alas daun pisang. Paha bebek kecokelatan dengan tampilan daging paha yang sudah agak melorot karena dimasak lama. Pelengkapnya sambal mangga muda, sambal hijau dan sambal goreng. Ditambah sepotong tahu dan tempe goreng, nasi putih. Kremesan plus lalap segar menjadi penyempurna sajian begor ini.

Saat disobek, daging paha bebek yang kecokelatan, mudah terlepas. Hmm... aroma gurihnya langsung menusuk hidung. Rasa gurih daging bebek ini masih diperkuat dengan aroma bawang putih dan jahe yang kuat. Bagian kulitnya kering keriting, sangat gurih tanpa jejak minyak berlebihan. Rupanya bebeknya tak terlalu berlemak.

Yang bikin kesengsem justru racikan sambal hijaunya yang terlihat kurang memikat. Hijau agak kehitaman.Saat terkena lidah nyam.. nyam.. pedas menggigit. Lebih kuat pedasnya dibandingkan dengan sambal goreng yang memakai cabai merah. Rasa asam pedas sambal mangganya makin bikin suapan bebek goreng ini jadi makin lancar dan enak di mulut.

Tak beda jauh penampilan ayam goreng kremes (Rp.15.000,00) yang terlihat garing kulit luarnya. Sayap ayamnya nyaris hampir terlepas. Rasa bumbu yang gurih wangi sangat dominan. Kremesan yang disajikan cukup royal baik untuk bebek goreng dan ayam goreng ini sangat menarik. Remahan adonan tepungnya sedikit keras. Namun yang menonjol justru aroma ketumbar, serai dan bawang putihnya. Kremesan yang sepele ini justru makin bikin gemes karena bumbunya yang 'berani'.

Agaknya bukan hanya royal bumbu tetapi bebek dan ayam dimasak dengan waktu cukup lama sehingga bumbu meresap di dalam daging. Sedangkan dagingnya jadi empuk gurih dan enak. Cara menggorengpun juga pas. Bagian luar begor yang kering keriting menandakan minyak yang panas benar yang dipakai menggoreng bebek. Hasilnya bagian luarnya keriting renyah namun bagian dalamnya lembut empuk!

Wah, menyuap daging bebek goreng plus kremesan dengan cocolan sambal tiga jenis ini memang terasa sangat nikmat dan cepat. Karena itu pula saya tidak tergoda untuk mencicipi racikan bebek yang lain. Aplaagi es jeruk murni yang saya pesan disajikan dingin, pas manis asamnya buat membilas mulut. Eunakk tenan!



(Sumber:http://detik.com)

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda